Workshop Penguatan SIDa di Jawa Tengah

image

Sistem Inovasi Daerah (SIDa) merupakan keseluruhan proses dalam suatu sistem untuk menumbuhkembangkan inovasi yang dilakukan antarinstitusi pemerintah, pemerintah daerah, lembaga kelitbangan, lembaga pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha, dan masyarakat di daerah.
Di Provinsi Jawa Tengah, Sistem Inovasi Daerah (SIDa) berbentuk jaringan koordinasi, informasi dan komunikasi serta kerjasama inovasi yang berfokus pada sektor ekonomi unggulan daerah. Inovasi diarahkan pada sasaran wilayah dan sektor yang diwujudkan dalam 3 pilar SIDa, yaitu: 1). Pengembangan UMKM berbasis Klaster, 2). Kabupaten/Kota Inovatif dan 3). Desa Inovatif. Pengembangan Tiga pilar SIDa tersebut sejalan dengan agenda Jawa Tengah saat ini, yaitu "Bali Ndeso Mbangun Deso".
Guna mendukung SIDa di Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah mengeluarkan Peraturan Gubernur tentang Sistem Inovasi Daerah, yaitu Pergub No. 65 Tahun 2012 tentang Sistem Inovasi Daerah Provinsi Jawa Tengah. Keluarnya peraturan tersebut merupakan wujud komitmen nyata Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk meningkatkan daya saing daerah berbasis IPTEK, serta sejalan dengan agenda utama pembangunan Jawa Tengah. Menindaklanjuti hal tersebut, perlu dirumuskan langkah yang lebih kongkret melalui kesepahaman dan kerjasama dalam model Workshop.
Berlandaskan hal tersebut diatas, BALITBANG Prov. Jateng menyelenggarakan Workshop Penguatan SIDa Jateng dengan tema "Mendorong Inovasi Daerah Dalam Kesinambungan Gerakan Bali Ndeso Mbangun Deso". Workshop yang dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Bibit Waluyo diselenggarakan pada hari Kamis, 28 Februari 2013, bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang. Workshop diikuti oleh 250 peserta yang berasal dari: SKPD Provinsi terkait, BAPPEDA Kab./Kota, Sekda Kab./Kota, Perguruan Tinggi, Asosiasi Usaha, Kepala Desa Inovatif dan Klaster Kab./Kota di Jawa Tengah.
Gubernur Jawa Tengah, H. Bibit Waluyo, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya inovasi di segala aspek yang nantinya dapat membawa kemakmuran bagi masyarakat jawa tengah. Pada workshop tersebut, hadir sebagai narasumber yaitu: Dr. Bambang S. Pujantiyo (Koordinator Pendamping SIDa Koridor Jawa Tengah-BPPT) yang menyampaikan tentang Dukungan Pemerintah Pusat terhadap Pengembangan SIDa di Jawa Tengah; Bambang Setyo Budi, SH, MM (Kabid Kesra BAPPEDA Prov. Jateng) tentang Dukungan Program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terhadap Pengembangan SIDa di Jawa Tengah; Drs. Kusumardhono, MM (Kepala BAPERMADES Prov. Jateng) tentang Pengembangan Teknologi Tepat Guna dalam Mendukung SIDa di Jawa Tengah; dan Dr. Tri Sudaryono, MM (Kepala BPTP Jateng) menyampaikan tentang Rekomendasi Teknologi Pertanian yang Terintegrasi dengan Pengembangan Klaster dan Desa Inovasi.
Workshop yang dipandu oleh Prof. Daniel Kameo, Ketua Dewan Riset Daerah Jawa Tengah, berjalan secara terarah dan menarik. Sesi tanya jawab yang diadakan setelah paparan narasumber, menunjukkan antusiasme peserta wokshop untuk menggali lebih dalam mengenai konsep dan langkah kongkret dalam pengembangan SIDa di Kab./Kota. Pada akhir workshop, dirumuskan tentang perlunya perkuatan kelembagaan dan sumberdaya yang dialokasikan untuk mendukung SIDa melalui sumberdaya anggaran, sumberdaya manusia dan infrastruktur yang memadai dan SIDa menjadi salah satu agenda utama daerah dengan memasukkan SIDa menjadi bagian dari dokumen kebijakan dan anggaran daerah, baik dalam RPJMD maupun APBD sehingga menghilangkan hambatan struktur politik, ekonomi dan administrasi. (nht20 )

 

Thu, 7 Mar 2013 @09:09


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+2+7

hubungi kami
TIM TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI

BADAN PENELITIAN
DAN PENGEMBANGAN
PROVINSI JAWA TENGAH
Jl. Imam Bonjol No. 190
Semarang, Jawa Tengah
Indonesia 50132
Telp. (024) 3540025
Copyright © 2014 Balitbang Provinsi Jawa Tengah · All Rights Reserved